Senin, 22 Februari 2010

Analisis Manajemen Logistik Dalam Menunjang Kelancaran Penjualan

Tingkat penjualan yang dicapai merupakan indikator terhadap efisiensi dan kemajuan ekonomi. Masalah peningkatan penjualan merupakan tujuan dan perhatian utama dari setiap perusahaan. Oleh karena itu, salah satu usaha yang konkrit dan terarah serta terpadu yang dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan untuk mendorong peningkatan penjualan adalah pelaksanaan manajemen logistik dengan sebaik-baiknya.

Pengukuran kinerja manajemen logistik yang benar akan mendorong perusahaan meningkatkan kinerja manajemen logistik mereka. Dengan pengukuran yang baik perusahaan akan mengetahui apa yang bisa dihemat dan berapa jumlahnya serta hal apa saja yang perlu diperbaiki. Penelitian ini bertujan untuk Untuk dapat mengetahui penerapan manajemen logistik yang baik pada PD Orbit Motor Sport, Untuk dapat mengetahui hambatan yang terjadi pada manajemen logistik yang dijalankan pada PD Orbit Motor Sport, dan Untuk dapat mengetahui baaimana manajemen logistik menjadi penunjang dalam kelancaran paenjualan pada PD Orbit Motor Sport.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh penulis yaitu PD Orbit Motor Sport telah melaksanakan proses inti manajemen logistik yaitu peramalan (forecasting ) pasar produk, pengolahan pesanan barang, perencanaan operasi, dan procurement perusahaan. Selain itu juga PD Orbit Motor Sport menerapkan komponen-kompponen logistik diantaranya pengetahuan produk, administrasi dan dokumen, pengiriman / distribusi (distribution), prosedur pengiriman barang dari gudang, prosedur pengembalian barang dagangan, dan pemeriksaan fisik persediaan. Hambatan yang terjadi pada penerapan manajemen logistik merupakan proses pengolahan barang, proses peneriman barang, proses penerimaan invoice, stock persediaan bahan baku, stock persediaan barang , yang sering tidak terkontrol oleh karyawan.

Adapun manfaat dari manajemen logistik adalah secara keseluruh aktivitas operasi perusahan akan menjadi efektif sehingga pada akhirnya biaya poerasi perusahaan akan menjadi lebih efisien dan laba perusahaan juga akan meningkat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PD Orbit telah melaksanakan Manajemen Logistik dengan baik. Adapun hambatan-hambatan yang dihadapi bisa ditanggulangi dengan cara memberikan karyawan sarana yang memadai, penyuluhan mengenai bidang pekerjaannya masing-masing secara mendetail.

http://dspace.widyatama.ac.id/handle/10364/1077

Tidak ada komentar:

Posting Komentar