Selasa, 05 Januari 2010

Jajanan Snack Enak

Snack atau kudapan tak bisa lepas dari anak-anak kita. Walaupun mengudap hidangan selingan ini bukan hal yang pokok, namun anak perlu mengonsumsinya untuk menjaga lambung agar tidak terlalu kosong di antara waktu makan. Selain itu, hidangan selingan juga dapat menambah asupan gizi anak. Asal... tahu cara memilihnya.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memilihkan snack yang sehat bagi anak-anak:

1. Hindari jajanan yang menggunakan pewarna yang bukan diperuntukkan untuk makanan.

2. Perhatikan komposisi bahan dan kandungan gizi. Jangan memilih snack yang terlalu tinggi kalorinya agar tidak menyebabkan masalah gizi pada anak.

3. Perhatikan pembungkus atau kemasannya. Hindari jajanan panas yang dibungkus dengan plastik daur ulang atau stereofoam. Suhu panas akan mencairkan residu beracun yang terdapat dalam plastik daur ulang maupun stereofoam tersebut.

4. Banyak makanan yang menggunakan pemanis buatan. Pemanis buatan seperti siklamat, bisa menyebabkan radang tenggorokan jika digunakan secara berlebihan. Oleh karena itu, batasilah anak mengonsumsi snack dengan pemanis buatan atau pilihkan saja snack yang menggunakan pemanis alami.

5. Hampir semua snack gurih mengandung MSG (Monosodium Glutamate). Padahal pemakaian MSG yang berlebihan bisa mengganggu kesehatan, misalnya menimbulkan alergi, mengganggu fungsi otak, pemicu kanker, dan lain-lain. Sebelum, memberikan snack gurih pada anak, sebaiknya cicipi dulu. Jika rasanya terlalu tajam dan gurih, sebaiknya jangan diberikan.

cari lebih : snack gurih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar